Translate

Jumat, 11 Maret 2016

Pemilihan Bibit Kambing Yang Bagus

         
          Assalamualaikum Wr Wb.
          
          Puji syukur Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dan belajar bersama tentang cara beternak kambing yang baik mulai dari bawah atau nol.
          Baiklah, pertama-tama marilah sejenak review tujuan beternak kambing kita untuk tujuan apa? untuk breeding(pengembang biakan), untuk Fattening(penggemukan), untuk diperah susunya ataupun untuk kontes. Tujuan awal beternak sangatlah menentukan tentang jenis kambing yang akan kita cari/beli dikarenakan setiap jenis kambing mempunyai karateristik yang berbeda-beda semisal kambing yang dipelihara bertujuan untuk diambil susunya mempunyai ciri-ciri morfologi yang agak berbeda dengan kambing kontes maupun kambing pedaging.
          Disini akan kami share beberapa tips memilih kambing yang akan digemukkan ataupun kambing sebagai calon induk yang bagus, adapun ciri-ciri tersebut sebenarnya juga sedikit mewakili tentang bagaimana cara memilih calon kambing perah maupun calon kambing kontes.
          Pertama tama tentukanlah dulu jenis kambing yang akan diternakkan, apabila anda masih bingung mau memulai dengan jenis kambing apa, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah gambaran tujuan pemasaran kambing tersebut. Akan tetapi jikalau belum mempunyai gambaran akan hal tersebut alangkah baiknya mencoba mencari jenis kambing yang paling laku di pasaran lokal/tempatan. Hal ini ternyata faktor utama untuk menentukan jenis kambing yang akan kita pelihara nantinya.
          Beberapa ciri kambing yang bagus/sehat :
1. Ukuran badan normal (besarnya badan berbanding lurus dengan umur kambing).
2. Bulu mengkilat dan bersih, apabila dilap pakai telapak tangan tidak lengket dan tidak luntur warnanya/ tidak disemir.
3. Garis punggung dan pinggang lurus simetris.
4. Kesemua kaki kokoh, lurus, tumit tinggi. Semakin tua kambing, telapak kambing semakin membengkok.
5. Tidak ada cacat bagian tubuhnya, untuk pejantan memiliki testis sepasang/tidak sangklir.
6. Mata tajam dan besih, tidak belekan,tidak buta serta peka terhadap sentuhan.
7. Hidung bersih dan agak basah namun tidak meler.
8. Gerak kambing gesit mendakan kambing dalam kondisi sehat.
9. Anus bersih tidak ada bekas mencret.
10.Bibir bebas kutil/orf.
11.Ekor melengkung ke atas depan, posisinya tidak seperti umbul-umbul.
          Berikut beberapa pengalaman dari rekan yang akan kami share bagaimana menghindari dari muslihat dari oknum blantik kambing yang kurang jujur dalam berniaga, meskipun banyak juga blantik yang jujur, namun kita harus senantiasa menghindari kerugian karena hal tersebut. Hati hati dalam memilih kambing di pasar,ada beberapa langkah yg harus kita amati.
1. Jangan sungkan untuk memeriksa seluruh badan dan anggota badan dari tanduk sampai ekor.
2. Percaya dengan pengetahuan yang kita miliki, jangan terlalu percaya blantik.
3. Periksa apakah ada indikasi kambing tersebut dimodifikasi karena beberapa hal misalkan tanduk yang patah namun dilem, ekor yang utuh, gigi yang normal, bulu yang tidak disemir dan lain sebagainya


            Itulah sedikit ulasan tentang ciri ciri kambing yang bagus serta beberapa trik agar tidak tertipu saat membeli kambing. Semoga bermanfaat

      

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar