Translate

Jumat, 25 September 2015

Kandang kambing

          Assalamualaikum Wr Wb.
          Setelah niat untuk beternak kambing dan persiapan hijauan makanan ternak maka langkah selanjutnya adalah memikirkan dimanakah kambing-kambing kita nanti akan ditempatkan untuk hidup bereproduksi maupun untuk dibesar gemukkan. Dalam kesempatan ini kami akan membahas sedikit demi sedikit tentang kandang hunian kambing yang sederhana saja sesuai tujuan pembuatan kandang tersebut. Kandang yang baik adalah kandang kombinasi dari berbagai macam kandang kambing yang telah disesuaikan dengan keinginan peternak.
          Adapun berbagai macam kandang yang akan kita buat hendaknya juga sesuai dengan tujuan awal kita beternak kambing tersebut, apakah nantinya untuk pembesaran, penggemukan ataupun breeding/pengembang biakan. akan kami share beberapa gambar kandang yang kami buat, kandang semi knock down yang bisa dibuka tutup/ lewat keluar masuk kambing melalui depan yaitu tempat pakan yang bisa diturunkan dan dinaikkan
          Syarat kandang yang baik diantaranya adalah tempat yang nyaman, keadaan yang nyaman sangat dibutuhkan untuk tempat tinggal kambing agar tidak mudah stres , karena apabila kambing ditempatkan di tempat yang terlalu berisik maka hewan peliharaan akan terganggu masa istirahat dan berkurangnya nafsu makan yang tentunya akan memperlambat produksi ternak tersebut.
          Kandang yang dibuat sedemikian rupa agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar namun angin tidak masuk terlalu kencang untuk menghindari hewan peliharaan kedinginan di waktu malam. apabila suasana terlalu dingin, maka kambing membutuhkan kalori yang lebih utuk menghangatkan badan. Untuk menghindari cuaca yang dingin bisa dipasang terpal/penutup yang bisa ditutup pada waktu malam dan bisa dibuka pada waktu siang.
          Sinar matahari pagi sangatlah penting untuk kesehatan ternak kita, maka hendaklah kandang dibuat sedemikian agar sinar matahari pagi bisa tembus masuk ke kandang, sinar matahari juga baik untuk membunuh bakteri yang merugikan ternak. Akan tetapi sinar matahari yang berlebih juga menyebabkan kandang terlalu panas dan hal ini tentunya kurang bagus juga buat hewan ternak kita.
          Hal yang tidak kalah penting juga adalah lancar tidaknya sinyal telepon selular karena nantinya kalau sinyal yang kurang bagus, akan menyebabkan kurang lancarnya hubungan via telepon dengan mitra maupun konsumen kita pada nantinya.
          Berikut contoh kandang sederhana yang kami buat untuk hunian hewan ternak kami :

Kandang kami memakai atap yang diselang seling antara atap asbes dengan ditambah sedikit saja atap fiber bening agar pencahayaan dalam kandang bisa jelas dan terang di siang hari, dinding bagian luar ditutup memakai plastik mulsa untuk menahan angin yang terlalu kencang, akan tetapi tidak ditutup semua, hanya separuh dindingnya saja.

          Luasnya sekat sekat dalam kandang tergantung aplikasi nantinya ditujukan untuk apa, yang berencana untuk kandang koloni tentunya lebih luas dan lebar karena diperuntukkan tidak hanya satu ternak saja. Gambar dibawah ini adalah contoh kandang individu yang dibuat agak lega supaya ternak tetap bebas bergerak ke depan ke belakang dan memutar badan. Luas per sekat adalah lebar 90 cm dan panjang ke belakang adalah 120 cm. Disini kami isi seekor indukan yang sedang bunting dan kami kira luas segitu sudah cukup nyaman bagi ternak. Luas sekat tersebut bisa diisikan dengan 2 ekor kambing jantan dewasa dan bisa muat sampai dengan 4 ekor anak kambing.


          Berikut ini penampakan pintu depan yang sekaligus sebagai tempat pakan yang bisa dibuka tutup dikarenakan bagian bawah kami pasang engsel.




          

          

                                                                  
          
          Alasan mengapa pintu kandang kami bikin sedemikian rupa adalah dikarenakan kami sering mengeluarkan kambing agar sering bebas bergerak di luar agar hewan ternak kami lebih bebas, lebih lincah dan lebih sehat tentunya, monitoring terhadap kambingpun lebih mudah sehingga deteksi ternak yang mempunyai gejala-gejala penyakit lebih mudah ditangani.


                                                                                                                                                                         
          Dibawah kandang kami bikin miring dan disemen agar mudah membersihkan kotoran dan urine kambing bisa terkumpul di ujung kandang dimana urine kambing tersebut akan kami proses menjadi pupu cair organik yang kaya akan nitrogen. Kelemahan bawah kandang yang disemen adalah keluar bau yang agak menyengat apabila terlambat dibersihkan, maka saran kami apabila nantinya mau membuat kandang dan intensitas pembersihan kotoran kurang sering dibersihkan, maka sebaiknya di bawah tidak perlu disemen.
          Mengenai bahan yang dipakai untuk memangun kandang ini adalah rangka dan tiang dan wadah pakan menggunakan kayu mindi dan sengon, sedangkan dinding penutup keliling kandang menggunakan belahan bambu. Alas kandang juga memakai belahan bambu yang dibuat jarak antara bambu yang satu dengan bambu yang lain agar ktoran bisa jatuh ke bawah dan kandang tetap bersih dan kering
          Cara tradisional untuk mengetahui apakah kandang yang kita bikin itu nyaman untuk ternak atau tidak adalah dengan kita mencoba diam beberapa saat di dalam kandang di waktu siang, apabila kita merasa tidak terlalu anas, maka besar kemungkinan ternak juga merasa nyaman tinggal di dalam kandang. Dan apabila tengah malam kita mencoba diam beberapa saat di dalam kandang, apabila kita tidak merasakan kedinginan, maka kemungkinan besar pula ternak-ternak kambing kita juga merasa nyaman beristirahat tidur malam.
          Demikin sedikit ulasan kami tentang bebrapa kriteria kandang yang nyaman untuk ternak dan mungkin hanya itu yang bisa kami share disini, semoga bermanfaat.
          Wassalamualaikum wr wb.
          




Tidak ada komentar:

Posting Komentar